Berbagi Pengalaman (Magang): Apa itu Digital Marketing dan Apa Saja Tugasnya?

Pagi teman-teman, saya ingin berbagi pengalaman tentang magang. Kebetulan, sudah hampir 2 bulan ini magang di Varbs Digital, agency yang bergerak di bidang IT. Dengan posisi sebagai Digital Marketing Intern. Sebenarnya diawal saya tahunya saya akan magang sebagai Content Writer, but surprisingly disini diajarkan seluk beluk Digital Marketing juga. Dan saya menyukainya, karena bisa dibilang, Digital Marketing adalah ilmu baru yang sangat berguna dan potensial dikembangkan. Keahlian ini dipelajari dan dipraktekan, tidak sekedar teori. Melihat trend yang ada, menurut saya pribadi, Digital Marketing sangat menjanjikan, karena saya melihat di beberapa laman jobseeker, banyak yang ternyata membutuhkan Digital Marketing Specialist. Nah agar memudahkan, saya ulas berdasarkan headline ya teman-teman, jadi cari saja apa informasi yang kalian butuhkan. Selamat Membaca, semoga bermanfaat!
Apa itu Digital Marketing?
           Namanya marketing ya artinya pasti pemasaran. Namun yang membedakan dengan pemasaran konvensional dimana saat ini, ditengah teknologi yang semakin canggih, pemasaran untuk brand dapat dilakukan secara digital.
Ohiya untuk menyingkat, Digital Marketing akan saya singkat menjadi DM ya.
Apa saja tugasnya?
         Saat pertama kali masuk magang dan di briefing, hal-hal dibawah ini yang dijelaskan sebagai bagian dari DM. Detailnya menyusul karena belum berani buat uraiannya.
1.      Content: Artikel, desain (poster, infografis, adbanner)
2.   SEO: Search Engine Optimization (Bagaimana agar konten yang dibuat dapat muncul di mesin pencari seperti Google dsb)
3.      SEM: Search Engine Marketing (Bagaimana membuat campaign di Adwords)
4.      Ads: Facebook, Instagram, Twitter
5.      Email Marketing
6.      Social Media
Additional
Jadi selain diajarkan hal-hal diatas, sambil jalan dapat ilmu baru, dibawah ini:
1.      Distribusi konten: Jadi agar konten dapat jangkauan baca yang lebih luas, saya diminta menulis ulang konten dengan versi khusus untuk forum. Misal untuk Kaskus tentunya saya akan bermain dengan kata-kata “ane”, “gan” dsb.
2.      Project Planning: Kebetulan kemarin saya sempat diminta buat perencanaan DM untuk salah satu startup. Jangka waktu 3 bulan.
Tantangannya apa?
        Content tantangannya ada dua menurut saya, di individunya dan teknisnya. Saya sendiri memang kadang merasa jenuh bergelut dengan artikel, apalagi client berbeda-beda, bagaimana memperlakukannya-pun berbeda. Misal untuk A konten formal, B dinamis karena untuk anak muda, belum lagi kalau bahasannya kurang kita mengerti, misalnya tiba-tiba harus bahas otomotif. Nah kalau secara teknis, jangan dikira hanya soal EYD saja, menulis konten itu harus dipikirkan baik-baik, bahkan topik seharusnya ditentukan sesuai riset.
            Kalau ditanya apa yang paling mudah mungkin saya akan menjawab email marketing, karena sejatinya mirip kirim email biasa, hanya saja pakainya Mailchimp. Mempelajari cara mengatur look emailnya cukup mudah, kontennya yang harus dipikirkan agar ringkas dan jelas. Saran dari saya, tes dulu kirim email yang sudah dibuat ke email pribadi atau rekan-rekan, untuk memastikan konten, link, dsb sudah tepat.
Rekomen tidak?
            Saya kebetulan anak Komunikasi, dengan peminatan Humas. Dengan basic suka menulis. Jadi untuk masalah membuat konten artikel, cukup fine-fine saja. Dan saya percaya teman-temanpun dapat mempelajarinya. Sambil jalan istilahnya.
        Nah kalau soal mempelajari printilannya DM, menurut saya agak challenging, terutama Adwords hehe karena saya coba sekali buat campaign dan belum memuaskan. Selebihnya, sosial media, baik itu IG, FB maupun Twitter sudah sangat kita kenal, tinggal improve dalam membuat caption dan mempelajari cara membuat ads di social media tsb. Bagusnya lagi, sudah banyak workshop DM dan tidak sedikit yang free.

            Sekian dulu ya teman-teman sharing dari saya, kalau mau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar. Begitu juga kalau saya nanti mau menambahkan, tulisan ini akan saya update lagi. Terimakasih banyak!

Comments

Popular posts from this blog

Review Fillm The Doll 2 - Film Horror Indonesia

Untuk Putriku Kelak