Dunkirk; Rela Menonton Demi Harry Styles Semata (?)


Beberapa hari lalu saya ke bioskop, XXI di Kota Kasablanka. Hari Jumat, dengan harga 60.000 rupiah per satu orang, tiket Dunkirk di tangan. 2 orang membersamai saya dalam menonton film ini.
Sebelumnya, seorang senior di tempat magang menyarankan untuk membaca sinopsis cerita, "agar tak bingung" ujarnya. Namun, antara karena lupa atau karena terlalu malas, saya tidak melakukan saran tersebut.

Sejatinya, Dunkirk adalah nama sebuah kota dengan nama asli Dunkerque.


Dunkerque merupakan kota pelabuhan dan komune di Nord, Perancis bagian utara. Secara garis besar, film ini mengangkat cerita tentang evakuasi Dankerque, yaitu evakuasi terhadap tentara Inggris yang berperang dengan Perancis di Dunkirk. Film ini mengambil latar kejadian Perang Dunia II dan menampilkan 3 sudut pandang berbeda, yaitu darat, laut dan udara.
Diawal cerita memang benar, akan terasa sedikit bingung memahami apa sebenarnya maksud film ini, sang sutradara, Christopher Nolan sengaja membuat film dengan dialog yang minim. Dengan sedikitnya dialog, ternyata film ini berhasil membuat penonton tegang. Terutama tentang apa yang terjadi di udara. Tembak menembak antara 3 pesawat Inggris dengan pesawat Perancis, agaknya menjadi highlight film yag durasinya tidak terlalu panjang ini. Sementara di laut, film akan lebih banyak menampilkan evakuasi tentara yang berkali-kali digagalkan oleh musuh. Sementara di darat, tembak-menembak mendominasi adegan-adegan yang menampilkan gersang dan mencekamnya kota Dunkirk.

Layakkah menonton Dunkirk hanya untuk menonton Harry Styles?

Menurut saya pribadi, awalnya saya sangsi apakah Harry Styles benar-benar memiliki andil dalam film ini. Maklum, banyak suara bahwa Harry hanya didapuk sebagai "pemanis" yang akan menggaet lebih banyak penonton karena rasa penasaran menonton aktingnya.


Namun, setelah menonton keseluruhan film, honestly Harry lebih dari apa yang saya ekspektasikan. Perannya bukan figuran yang numpang lewat semata, aktingnyapun serius dan bagus.
Sehingga bagi kalian para penggemar Harry Styles atau 1D, rasa-rasanya film ini akan memuaskan rasa penasaran kalian. Sementara bagi kalian yang seperti saya, tertarik pada film ini bukan karena Harry Styles, maka saya jamin bahwa kalian tidak akan terganggu atas keberadaan Harry.

Sebagaimana sebuah film yang memiliki makna dan pelajaran yang bisa dipetik, demikian pula dengan film Dunkirk. Sedikit banyak akan mirip dengan kalimat yang mereka cantumkan di poster.
"When 400.000 men couldn't get home, HOME CAME TO THEM".

Sebagai penutup, silahkan tonton trailernya dibawah ini dan selamat menyaksikan filmnya! Untuk emosi, ketegangan dan keharuan dalam film ini, saya berikan angka 8.5/10 untuk mengapresiasi.


Comments

Popular posts from this blog

Berbagi Pengalaman (Magang): Apa itu Digital Marketing dan Apa Saja Tugasnya?

Review Fillm The Doll 2 - Film Horror Indonesia

Untuk Putriku Kelak